Cermati Potensi Masa Depan saat Beli Apartemen untuk Tempat Tinggal


Saat Anda beli apartemen untuk tempat tinggal, jangan lupa cermati potensi masa depannya. Mengapa? Dewasa ini apartemen telah jadi pilihan primadona masyarakat Indonesia untuk sebuah hunian. Jadi, sangat penting untuk mencermati potensinya di masa depan Anda nanti.

Apartemen atau biasa dikenal juga oleh kebanyakan orang sebagai hunian vertikal, kini jadi salah satu gaya hidup masyarakat modern. Kita tahu bahwa kebanyakan para pekerja kantoran yang hidup di kota - kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, apartemen bisa jadi solusi sebagai rumah masa depan mereka. Hal ini dipengaruhi oleh semakin minimnya lahan perumahan yang tersedia di kota - kota tersebut. Dilihat dari masalah biaya pun, kini perumahan dibandrol dengan harga yang fantastis, malah sebaliknya banyak pengembang properti yang membangun apartemen dan memasarkannya dengan harga yang terjangkau. Tak lain ini juga berbeda dari pandangan kebanyakan orang mengenai apartemen saat ini dan di masa yang lalu. Dimana dulu hanya orang - orang kaya yang punya banyak uang saja yang bisa menikmati tinggal di apartemen. Tetapi kini, karena banyak pengembang properti yang menjual apartemen dengan harga terjangkau, siapa pun dapat membelinya dan merasakan tinggal di hunian vertikal ini.

Menariknya, tidak hanya sebagai sebuah hunian atau pelengkap gaya hidup. Banyak orang yang membeli apartemen untuk dijadikan sebuah investasi. Karena memang, apartemen adalah salah satu bentuk properti yang berpotensi bagus untuk investasi. Dengan memilih apartemen di lokasi yang strategis serta mempunya fasilitas keren yang lengkap, Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang masa depan. Caranya dengan menyewakan unit apartemen yang Anda miliki kepada orang lain. Masalah pembayaran bisa dilakukan dalam jangka bulanan maupun tahunan. Atau Anda juga bisa menjual kembali unit apartemen tersebut, sehingga Anda mendapatkan income dari sewa dan jual beli apartemen tersebut. Lalu pendapatan yang Anda peroleh dapat Anda gunakan untuk melakukan bisnis yang lain, sehingga bisa dikatakan bahwa apartemen dapat jadi modal masa depan.
Agar apa yang Anda rencanakan tersebut dapat terwujud, ada baiknya lebih bijak saat Anda membeli apartemen dari awal. Itulah mengapa penting cermati potensi masa depan saat beli apartemen untuk tempat tinggal. Nah, agar Anda mantap saat beli apartemen tersebut, Anda perlu perhatikan hal – hal berikut ini:


Pelajari track record developer; saat akan beli apartemen, pelajari track record atau rekam jejak pengembang yang membangun proyek apartemen Anda. hal ini penting, karena saat Anda beli sebuah apartemen, Anda akan 100% bergantung pada developer tersebut. Jadi, mempelajari track record developer sangat perlu untuk menghindari masalah - masalah yang tidak diinginkan. Anda juga dapat mencari tahu kredibilitas developer dari Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).

Survei lokasi; Sebelum beli apartemen, survei terlebih dahulu lokasi apartemen tersebut. Biasanya orang membeli apartemen di lokasi-lokasi yang dekat dengan tempat kerja atau tengah kota. Tujuannya jelas menghemat bahan bakar dan menghemat waktu perjalanan. Jadi jangan membeli apartemen hanya karena harga murah, dan menomor duakan jarak apartemen dengan tempat Anda bekerja atau tempat - tempat lain yang perlu Anda kunjungi setiap hari untuk beraktivitas.

Kenali fasilitas pendukung; Setiap apartemen tentu memiliki fasilitas - fasilitas pendukungnya masing - masing. Jadi baiknya Anda memperhatikan hal tersebut saat survei lokasi. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih apartemen tersebut dengan melihat tempat - tempat apa saja yang berada dekat dengan apartemen tersebut. Misalkan seperti rumah sakit, kantor polisi, halte bus, sekolah, kampus, pusat perkantoran, pusat perbelanjaan, mini market, stasiun MRT dan lain - lain.

Cari tahu kebutuhan Anda; Ketika Anda membeli apartemen, setidaknya ada 3 jenis apartemen yaitu unfurnished (tidak ada furniture sama sekali), semi furnished (sebagian ada furniture) dan full furnished (bangunan sudah siap ditinggali). Selain itu juga ada pertimbangan dari segi ukuran mulai dari studio (tanpa sekat), satu kamar, dua kamar, tiga kamar dan hingga apartemen luxury (lebih dari 3 kamar). Cari yang sesuai dengan kebutuhan, jangan keinginan. Mempertimbangkan untuk membeli tipe unit apartemen yang mana dapat Anda diskusikan terlebih dahulu juga dengan keluarga Anda dan dengan siapa Anda nanti akan tinggal.

Baca Juga : Ide Konsep Apartemen untuk Profesional Muda

Selain hal - hal di atas, jangan lupa juga untuk memperhatikan biaya - biaya yang harus Anda tanggung selama tinggal di apartemen tersebut. Maka, carilah informasi sejelas - jelasnya dari pihak developer. Mulai dari harga, biaya bulanan atau perkiraan management fee, pajak serta biaya lainnya. Tak hanya itu, mengecek apakah apartemen yang akan Anda beli tersebut menyediakan lahan parkir yang cukup juga penting. Sehingga nantinya Anda tidak akan kesulitan saat akan memarkirkan kendaraan Anda.

Jadi, apakah kini Anda sudah siap untuk beli apartemen sebagai tempat tinggal? Ingat ya harus cermat dalam melihat potensi masa depannya. (PUT)

Artikel ini telah tayang di Thecanaryapartment.com pada 16 Juli 2018
http://www.thecanaryapartment.com/content/what-s-on/tips/cermati-potensi-masa-depan-saat-beli-apartemen-untuk-tempat-tinggal/32/4/0

Comments