Tips Membuat Taman Unik di Apartemen Anda


Bercocok tanam bisa menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan dan dapat menghilangkan stres. Buat Anda yang tinggal di apartemen, Anda juga bisa membuat taman unik dengan mudah dan kreatif. Anda bisa memanfaatkan balkon untuk membuat taman unik tersebut. Selengkapnya yuk simak tips membuat taman unik di apartemen Anda di bawah ini.

Dalam membuat taman unik di apartemen Anda, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar Anda dapat memiliki taman unik di apartemen dengan mudah.

1. Atur luas area untuk taman

Meski area apartemen Anda terbatas, namun bukan berarti Anda tidak bisa membuat taman yang cantik, Anda bisa membuat taman di apartemen di balkon bahkan di area jendela menjadi taman mungil yang asri. Untuk bisa memiliki taman yang cantik, perhatikan lagi apartemen Anda. Apakah ada area yang memungkinkan sebagai tempat meletakkan atau menggantung tanaman, Anda bisa gunakan area vertikal untuk tujuan ini.

2. Sinar matahari

Sinar matahari sangat penting jika Anda ingin memiliki taman unik di apartemen Anda. Anda perlu memastikan berapa jam sinar matahari menyinari tempat yang ingin Anda jadikan taman di apartemen. Sehingga penempatan taman di area dekat jendela atau di balkon adalah pilihan yang tepat.

3. Pilih tanaman yang tepat

Tanaman yang Anda tanam harus disesuaikan dengan luas area yang akan dijadikan tempat taman Anda. Bila area taman di apartemen tidak luas, Anda perlu batasi tanaman yang Anda pilih. Mulailah dengan menanam sayuran yang Anda suka makan dan yang sulit Anda temukan di pasaran. Anda bisa menaman tomat, kangkung, atau cabai. Membuat taman bunga bisa lebih sulit. Mulailah dengan warna yang Anda sukai. Daripada terobsesi menciptakan taman bunga seperti foto yang Anda lihat di majalah, sebaiknya pilih bunga yang tumbuh dengan baik di area Anda.

4. Pot dan wadah tanaman

Ada banyak variasi wadah tanaman yang bisa Anda ciptakan dan dapat Anda letakkan di area apartemen. Anda bisa gunakan wadah plastk dengan lubang di bagian bawahnya untuk mengalirkan sisa air. Yang Anda butuhkan selanjutnya adalah tanah, benih tanaman, air, dan sinar matahari.

5. Menyiram tanaman

Agar tanaman Anda tetap hidup dan tumbuh dengan baik, siram tanaman secara teratur. Cari tahu seberapa sering Anda perlu menyiram jenis tanaman yang Anda miliki. Anda bahkan bisa menyiram bukan dengan air bersih, tapi dengan air cucian beras agar tanaman tumbuh dengan subur.


Nah, untuk memiliki taman yang unik di apartemen Anda. Anda membutuhkan aksesoris yang tepat untuk taman di apartemen Anda. Penggunaan aksesoris yang tepat akan membuat taman Anda menjadi cantik dan unik.

Untuk bisa membuat taman yang unik dan cantik, Anda bisa aplikasikan model vertikal dan atau horizontal. Taman vertikal dan horizontal memiliki pendekatan yang berbeda. Taman vertikal biasanya untuk hunian yang memiliki sedikit lahan atau bahkan tidak ada lahan untuk bercocok tanam. Tapi jika apartemen Anda memungkinkan untuk menggabungkan keduanya mengapa tidak? Tentu saja taman Anda akan terlihat semakin indah dengan paduan beberapa tanaman bunga warna-warni.

Baca Juga : Cermati Potensi Masa Depan saat Beli Apartemen untuk Tempat Tinggal

Taman vertikal bisa Anda susun dengan menempatkan papan kayu untuk meletakkan pot-pot bunga. Memasang pot pada dinding secara zigzag juga bisa Anda coba. Untuk keserasian warna bunga pada taman vertikal dan taman horizontal, Anda bisa berkreasi sesuai kemauan karena ini adalah taman rumah Anda bukan? Jangan lupa untuk memilih pot bunga yang besar untuk taman horizontal.

Sebagai pendukung Anda dalam membuat taman unik di apartemen, Anda bisa menggunakan pot – pot atau wadah tanaman yang berbentuk unik, contohnya saja seperti menggunakan botol – botol bekas yang dicat kembali atau dilukis menggunakan cat dengan desain yang lucu, atau inisiatif menggunakan celana jeans yang sudah tidak terpakai untuk wadah tanaman setelah diatur sedemikian rupa agar dapat dimanfaatkan untuk itu. Menggunakan pot – pot lucu juga bisa ditambah dengan tiang penyanggah, sehingga bentuk pot akan menjulang tinggi ke atas. Dan lain sebagainya bisa Anda coba untuk dapat menciptakan sebuah taman unik di apartemen Anda.

Membuat taman unik di apartemen memang menyenangkan apalagi jika Anda memang menyukai hal tersebut. Saat membuat taman unik di apartemen, jangan lupa untuk turut mengajak anak – anak Anda dan anggota keluarga lainnya, agar kegiatan membuat taman kecil jadi lebih menyenangkan lagi. Kunci utama dalam membuat taman unik adalah Anda harus menyukai kegiatan tersebut terlebih dahulu. Karena urusan bahan dan peralatan akan mudah didapat, jadi Anda tidak perlu repot dalam memikirkan hal tersebut.

Tanaman apa pun yang akan Anda tanam di taman unik Anda, sesuaikanlah dengan kesukaan Anda. Bisa buah – buahan, sayur -sayuran atau pun juga bunga – bunga cantik dengan warna beragam yang indah dipandang mata. Jadi, sudah siap membuat taman unik di apartemen Anda? Selamat mencoba!(PT)

Artikel ini telah tayang di Thecanaryapartment.com pada 26 Juni 2018
http://www.thecanaryapartment.com/content/what-s-on/tips/tips-membuat-taman-unik-di-apartemen-anda/32/4/0

Comments