Segelas Es Dawet Cinta





Siang itu panas begitu terik, matahari begitu semangat menyinari bumi. Hingga kulit mulus gue mulai terasa pedih. Omg! Gue pengen cepet pulang sampai dirumah. Nunggu bus itu adalah hal yang sangaaat membosankan dan juga menyebalkan.
Sesaat gue nyengir gembira, waeyo? Gue ngeliat bus mulai datang mendekat menghampiri gue. Meskipun masih agak jauh, tapi gue udah siap-siap untuk naik bus. Gak sabar gue nyampe rumah, kangen ama kasur empuk gue. Sumpeh! Badan gue berasa remuk dan tenggorokan terasa kering… kebayang deh air dingin dari kulkas dapat menyelamatkan hidup gue saat ini.
Tak lama, dan ketika bus nyaris berada di depan gue. Hp gue bunyi…
Tring.. tring… tring.. tring…
1 pesan diterima
Fandi
Huh! Mau gag mau gue harus cepetan angkat telpon dari fandi sambil buru-buru naik bus.
“hallo. Ada apa fandi?”
“Sya, buru ke markas sekarang! Penting!”
“apa?! Gue udah naik bus, mau pulang!” gue sontak terkejut.
“buru, penting! Gak pake lama!” suara fandi terdengar begitu jelas dari sebrang.
Astaga! Entahlah apa yang terjadi disana, gue harus segera turun dari bus. Dan balik lagi ke kampus menuju markas.
“bang2, gak jadi bang turun sini aja.” Ujar gue ke kenek bus.
Huft! Gue berasa bodoh sekali. Sia2 dong gue nunggu bus lama banget. Belom ada semenit gue harus turun lagi dari bus.
Setiba di markas komunitas gue, udah rame anak2.
Mata gue mencari sosok fandi yang tadi heboh banget nyuruh gue ke markas.
Gue nyamperin fandi yang duduk dipojokan deket tembok markas yang warnanya warna favorite gue, kuning! Haha
“fan, ada apaan sih? Heboh banget elo itu”
“haduh Sya, elo telat. Rapatnya barusan aja selesai.”
“eh?!” gue bingung antara mau marah sama fandi, atau mau mengasihani diri gue sendiri yang udah terlanjur merasa begitu bodohnya siang itu.
Gue diem. Terpaku ngeliat muka fandi yang flat gak berekspresi. Gak tau kah dia perjuangan gue dateng ke sini?!
“elo kenapa Sya?” Tanya fandi tanpa merasa bersalah.
“elo Tanya gue kenapa??? Elo gak tau gue panas2an kesini gara2 elo nelpon gue tadi. Harusnya gue udah nyampe rumah, udah minum sebotol penuh air dingin dari kulkas bahkan mungkin gue udah pergi ke alam mimpi dikamar gue yang berAC.” Gue mulai naik darah.
“haha… sorry ya Sya. Gue gak bermaksud……”
“cukup fan! Gue kesel ama elo!” gue motong omongan fandi.
Sambil kesel, gue keluar ruangan dan berniat mau pulang *lagi* itu artinya gue harus berjuang nunggu bus lagi… panas2an.
“Sya, elo mau kemana?” Tanya fandi yang sok peduli ama gue.
“whatever!!” gue berlalu begitu aja.
Pas gue lewat depan parkiran, tiba2 Benny nyamperin dengan pulsar merahnya. Dia emang selalu keliatan keren dengan mogenya itu. Apalagi kalo pake helm dengan kaca yang gelap. Haha seenggaknya nutupin wajah dia yang gak seberapa itu loh.
“mau kemana Sya? Bareng aja yuk” sapa dia seraya buka kaca helmnya.
“mau pulang. Gak usah lah, naik bus aja.” Gue sok nolak, padahal gue berharap banget dia maksa gue buat pulang bareng, seenggaknya gue gak akan lama2 nunggu bus lagi. Artinya gue bakal lebih cepat nyampe rumah.
“ah udahlah, ayo bareng gue!” Benny nyoba maksa gue, dan gue seneng. Haha
“ya udah deh kalo elo maksa.” Jawab gue sok jual mahal.
Gue pun langsung naik motor doi. Yah gak apa2 deh walaupun doi bukanlah cowok terkeren dikampus, tapi doi gak buruk2 amat kok.
Sepanjang jalan Benny gak ngomong sepatah kata pun, dan gue pun jadi canggung.
Pas udah mau deket pertigaan deket rumah gue, yang harusnya belok kanan, si Benny malah belok kiri. Gue protes dong.
“ben, rumah gue kan belok kanan, kok kita lewat sini ya?” Tanya gue agak bingung.
“hehe, mampir buat minum es dawet dulu kayaknya enak nih Sya, gak apa2 dong pulang agak telat?” jawab Benny sambil nyengir kuda.
“eh?! Ehm.. ya gak apa2 sih,, tapi ya elo harusnya Tanya gue dulu dong mau apa nggak.”
“kalo gue nanya nti elo nolak ajakan gue, jadi mending gue langsung bawa elo ke TKP nya aja. Haha”
Kadang gue agak ilfeel nih sama Benny kalo udah mulai gak jelas gini.
Gak lama, kami nyampe deh di sebuah ruko yang gak seberapa besar, yang udah terkenal sejagat karna es dawet nya yang emang berasa nikmat pake banget. Gue udah pernah kesini dua kali, pertama pas diajak nyokap abis pulang dari swalayan yang gak jauh dari sana, dan gue dibayarin nyokap. Kedua kalinya gue diajak sama Juli dan gue dibayarin juga. Hehe. Dan sekarang ini untuk yang ketiga kalinya gue minum es dawet disini, dan dibayarin sama Benny.
Setelah kami cari tempat duduk yang nyaman, Benny langsung mesen es dawet dua gelas. Gue melihat detil2 ruko itu, dan gak ada yang berubah masih sama aja kayak pas terakhir gue kesini.
Benny diem, dan gue canggung. Gue ngeliat jidat Benny yang bercucuran keringat, gak lama dari gue merhatiin jidat dia yang ada item2nya – kayak jidat2 jaula yang keseringan sujud itu – dia langsung nyeka keringetnya. Mungkin dia berasa ya kalo diperhatiin.
Pertama kali gue kenal Benny itu pas ospek di kampus, kami sih beda jurusan, tapi pas apel kelompok kami sebelahan. Dia itu terkenal agak jaga jarak sama cewek, selama dua tahun gue kuliah satu fakultas ama dia gue sih belom pernah denger gossip dia pacaran. Kadang gue mikir atau jangan2 Benny ini emang belom pernah pacaran yaa..
Pas banget si pelayan nyamperin buat nganterin pesenan kami, dia langsung ngaduk2 es dawet punyanya.
“Sya, umur elo sekarang berapa?” Tanya Benny tiba2.
Uhuk uhuk! Gue keselek.
“emangnya kenapa ben, elo nanya umur gue?” penasaran banget.
“ya gak apa2 Sya, pengen tau aja.” Jawab dia santai.
“ehm.. 21 ben,” jawab gue singkat.
Dia angguk2 kepala, “hmm.. berarti udah layak merit dong ya?”
Deg.. gue sontak diem, jangan bilang kalo Benny mau ngajak gue merit. Yang pernah gue tau, selepas SMA dia gak langsung kuliah, kerja selama setahun atau dua tahun gitu, jadi mungkin usia dia 2 tahun diatas gue, mungkin wajar ya kalo cowok dengan usia segitu udah ada pikiran buat merit. Wah, gue mesti ati2 nih.
“TaSya Dewi Mahardika dan Benny Mulya Syahputra… waah cocok tuh Sya.”
“hah?! apa maksud elo ben?” Tanya gue bingung setengah mampus.
“Sya, elo mau gak merit ama gue?” Tanya Benny dengan ekspresi yang serius banget.
“apa ben? Gu.. gue? Gue ama elo? Kita kan masih kuliah ben? Gue juga merasa masih terlalu muda buat merit sekarang.” Jawab gue agak ragu.
“ya gak apa2 lah Sya, elo kan juga udah 21 umurnya. Itu mah udah pas buat merit. Ayo Sya, gue janji kok bakal jadi suami elo yang bertanggungjawab nafkahin elo ama anak2 kita nanti.” Ujar nya kali ini bener2 dengan ekspresi yang serius.
Gue diem. Gak bisa jawab apa2. Gue takut ini Cuma jebakan iseng Benny. Tapi kalo diliat dari ekspresi wajahnya yang terlihat begitu serius, gue mulai takut. Takut kalo emang dia serius ngajakin gue merit. Omg! Gue belom siaaap.
*sebagian teks hilang*
“pah, mama pengen es dawet.” Kayaknya gue ngidam.
Benny gak nanggepin omongan gue, dia tetep asyik main PS di ruang keluarga rumah baru kami.
“pah, pah dengerin mamah ngomong dong!” gue mulai naik darah.
“eh, iya mah. Apa?” Tanya Benny sambil ngelempar stick PS dan langsung deketin ketempat gue duduk.
“pengen es dawet, sekarang!” kayaknya gue beneran ngidam.
“es dawet? Emang ada mah yang jualan es dawet tengah malem gini?” Tanya Benny kebingungan.
“pokoknya es dawet, es dawet yang di ruko pas papah ngajak mamah merit ituuu… mau es dawet yang disana itu, gak mau yang ditempat lain.” Rengek gue yang bener2 ngidam.
“ta.. tapi mah, jam segini udah tutup lah mah, besok pagi aja yaa”
Gue diem. Ngambek gara2 permintaan gue gak dikabulin sama Benny yang akhirnya beneran jadi suami gue.
Gak lama, kedengeran suara gaduh dari luar, orang2 pada teriak minta tolong. Dan ada suara gemuruh yang hebat banget suaranya.
Trus yang bikin gue tercengang, tiba2 air bah masuk kerumah yang baru 4 bulan gue ama Benny tempati, gue kelelep air bah itu, berhubung gue gak bisa berenang air itu gak sengaja keminum, yang makin bikin gue tercengang rasa air itu persis ama rasa es dawet.
“mamah… mamah… “ teriak Benny
Gue makin panik dan akhirnyaaa……
Gue terbangun dari mimpi yang super duper aneh itu.
“Tasyaaaa…. Bangun nak! Kamar kamu bocor tuh!” jerit mama yang menghancurkan semua mimpi aneh itu.
Dan pada kenyataannya, gue tertidur pulas setelah menghabiskan segelas es dawet yang sisanya masih belepotan dimulut gue!.

Jadi kesimpulannya:
1.    Gue mimpi aneh
2.   Sebelum mimpi aneh itu terjadi gue baru aja ngabisin segelas es dawet yang lezat
3.   Gue mimpi aneh di sore hari menjelang maghrib
4.   Gue mimpi ketika hujan turun dengan lebat
5.   Kamar gue beneran bocor karna hujan yang begitu lebat
6.   Muka gue basah karena kena tetesan air hujan akibat atap kamar gue yang bocor

Comments