Digital Marketing di Indonesia


Perkembangan digital marketing di Indonesia semakin berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Digital marketing menjadi suatu inovasi dalam dunia marketing. Digital marketing merupakan sebuah kegiatan mempromosikan sesuatu baik itu produk, jasa, atau bahkan personal branding melalui media digital yang meliputi media elektronik dan internet.

Indonesia menjadi salah satu negara terbesar yang menggunakan internet, jadi tak heran jika perkembangan digital marketing juga menjadi berkembang sangat signifikan di Indonesia.

Seperti survey yang dilakukan oleh Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa penetrasi dan perilaku pengguna internet di Indonesia yang selalu meningkat 10 persen setiap tahunnya.
Contohnya di tahun 2017 saja, dimana tercatat sebanyak 143,25 juta penduduk telah menggunakan internet.

Hal itu juga yang membuat kita percaya bahwa digital marketing pun turut berkembang sangat baik di Indonesia ini.

Selain fakta di atas, ada juga fakta menarik lainnya yang masih ada kaitan dengan perkembangan internet dan digital marketing di Indonesia. Yakni dimana email menjadi platform paling efektif untuk melakukan digital marketing.

Setidaknya ada 2,8 miliar orang yang menggunakan email sebagai alat untuk berkomunikasi secara digital.

Email ini juga terbilang sangat efektif untuk marketing karena mampu meningkatkan ROI. Karena masih banyaknya pengguna email di dunia, sehngga email masih dianggap sebagai platform pemasran yang paling efektif.

Selanjutnya disusul oleh iklan di sosial media, content marketing, dan influencer marketing.

Digital marketing akan menjadi salah satu metode pemasaran yang paling efektif dan secara bertahap akan menggeser metode pemasaran lainnya. Hal itu mengingat bahwa perkembangan teknologi yang semakin pesat, ditambah kecepatan internet yang semakin tinggi pula.

Bahkan adanya berbagai tools marekting yang mendukung digital marketing ini tumbuh sangat baik di Indonesia.

Meskipun digital marketing di Indonesia berkembang dengan pesat, namun tetap saja ada tantangan yang dihadapi masyarakat khususnya mereka yang bergelut di dunia digital marketing.

Adapun kendala yang masih banyak dihadapi oleh pelaku pelaku digital marketing adalah seperti kurangnya pengetahuan mengenai digital marketing, serta keterbatasan dana yang dimiliki.

Karena pada dasarnya digital marketing memang perlu adanya keterampilan saat menjalankannya. Meskipun bisa dipelajari, namun butuh skill yang perlu diasah dan terus dilatih agar dapat memberikan hasil yang maksimal.

Bicara mengenai hasil yang maksimal, sudahkah anda tahu bagaimana cara menjalankan digital marketing yang tepat?
Berikut ini adalah beberapa strategi yang biasa dilakukan dalam proses digital marekting di Indoensia.

Strategi Digital Marketing di Indonesia

1. Konten Menarik
Salah satu hal yang bisa anda upayakan dalam proses digital marketing agar hasilnya maksimal adalah pembuatan konten yang menarik.

Semakin menarik konten yang anda buat, maka akan menarik perhatian audiens di internet. Jika mereka telah tertarik dengan konten yang anda buat, mereka akan dengan sukarela mengikuti anda untuk mengetahui update dari anda di kemudian hari.

Ini adalah peluang untuk meningkatkan brand awareness terhadap calon konsumen anda di internet. Lalu kemudian kita dapat menyebut mereka sebagai loyal audiens.

Pastikan bahwa anda membuat konten yang tak hanya menarik, namun juga informatif sehingga akan memberikan pengetahuan baru untuk audiens.

Karena tentu saat ini konten yang memberikan manfaat kepada audiens jauh lebih disukai dan banyak dicari.

Konten yang menarik dan informatif ini kemudian menjadi favorit para audiens, sehingga mereka akan dengan senang hati menunggu anda untuk kembali update konten yang serupa atau bahkan yang lebih menarik lagi.

Namun pastikan pula bahwa konten yang anda buat sesuai dengan produk atau jasa yang anda akan tawarkan. Karena hal ini penting agar konten anda tertuju pada audiens yang tepat, yang memang mereka membutuhkan produk atau jasa anda.

2. Maksimalkan Media Sosial

Melakukan digital marketing tak lepas dari memanfaatkan media sosial yang ada. Ada beragam media sosial yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan digital marketing.

Media sosial ini jadi media yang cukup efektif untuk digunakan dalam melakukan digital marketing. Dengan menggunakan media sosial, anda dapat terhubung dengan konsumen anda atau audiens yang sesuai dengan target pasar anda.

Penggunaan media sosial sebagai sarana digital marketing juga sangat tepat mengingat Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna media sosial terbesar di dunia.

Anda juga perlu menentukan media sosial mana yang paling efektif untuk anda gunakan. Karena pada dasarnya setiap media sosial memiliki keunggulannya masing masing.

Misalkan Instagram, media sosial Instagram lebih memfokuskan pada gambar. Sehingga jika anda memilih media sosial Instagram ini untuk melakukan proses digital marketing, anda membutuhkan gambar yang menarik agar memikat perhatian audiens.

Atau media sosial Facebook, pada media sosial ini anda dapat menulis konten secara maksimal untuk menarik perhatian audiens.

Atau jika anda memiliki produk atau jasa yang lebih menarik jika dikemas dalam bentuk video, anda bisa memanfaatkan YouTube secara maksimal.

Setiap media sosial itu memiliki kelebihannya masing masing, jadi anda harus tahu apa kebutuhan anda untuk memasarkan produk atau jasa anda tersebut, kemudian barulah anda dapat menentukan media sosial mana yang akan anda pakai untuk digital marketing.

3. Gunakan Mobile Optimalisasi

Kini hampir semua orang mengakses internet melaui smartphone, maka tak heran jika anda perlu menggunakan mobile optimalisasi agar audiens dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai produk atau jasa anda.

Saat ini hampir semua orang telah menjadikan smarthpone sebagai kebutuhan sehari hari mereka. Apapun bisa ditemukan melalui internet yang dapat diakses melalui smartphone.

Sehingga jika anda memiliki website yang berisikan penjelasan mengenai produk atau jasa anda, anda juga perlu membuat website anda menjadi mobile friendly. Sehingga calon konsumen merasa nyaman dan dimudahkan dalam mencari informasi produk atau jasa anda.

4. Menggunakan Aplikasi Chat

Tujuannya tentu untuk dapat dengan mudah antara anda dan konsumen berinteraksi. Serta juga untuk berinteraksi dengan calon konsumen anda.

Ada beragam aplikasi chat yang dapat anda gunakan untuk berinteraksi dengan konsumen dan calon konsumen anda. Seperti Line, WhatsApp, SnapChat, WeChat, dan lain sebagainya.

Banyak brand yang menggunakan aplikasi chat ini untuk memaksimalkan dalam proses promosi mereka. Dan anda juga dapat memaksimalkan aplikasi chat ini untuk digital marketing.

Melakukan digital marketing melalui aplikasi chat ini juga terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Dan memberikan efek yang baik untuk perkembangan bisnis anda.

Namun perlu dicatat, hal itu akan terjadi jika anda melakukannya secara konsisten, sehingga hasil yang anda dapatkan pun juga akan maksimal.

Selain perlu konsisten, anda juga harus memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen dan calon konsumen anda. Anda perlu merespon dengan baik dan cepat setiap pesan dari konsumen atau calon konsumen yang masuk melalui aplikasi chat tersebut.

Perkembangan digital marketing di Indonesia mendorong pula banyaknya digital marketing agency yang bermunculan di Indonesia.

Digital marketing agency ini merupakan pihak ketiga yang dapat membantu anda dalam memaksimalkan proses digital marketing.

Digital marketing agency di Indonesia ini semakin diminati dan diterapkan oleh perusahaan besar ataupun pelaku bisnis yang baru mulai promosi atau jasa yang ditawarkan.

Karena memang digital marketing sebuah inovasi yang harus anda coba untuk mengembangkan bisnis anda dan juga menaikkan traffic penjualan anda.

Digital marketing agency di Indonesia akan melakukan proses digital marketing secara maksimal dengan melakukan perencanaan secara matang terlebih dahulu.

Pada dasarnya dalam proses digital marketing di Indonesia, baik yang anda lakukan sendiri atau menggunakan jasa digital marketing agency ada beberapa hal yang dilakukan. Yakni:

Hal yang Dilakukan dalam Digital Marketing di Indonesia

Website

Website menjadi komponen paling penting yang perlu anda miliki untuk memaksimalkan proses digital marketing.

Memiliki website tentu memberikan keuntungan dan kelebihannya tersendiri, dimana dengan memiliki website brand anda akan lebih nampak profesional.

Pemanfaatan dan pengaturan website ini juga dapat memudahkan anda dalam memberikan penawaran dan penjualan produk atau jasa serta memberikan informasi yang bermanfaat untuk konsumen dan calon konsumen anda.

Ada dua jenis website yang biasa digunakan dan sangat mempengaruhi cara kerja digital marketing anda. Yaitu website informasi dan website penjualan.

Website informasi berisikan informasi mengenai produk atau jasa anda, yang mana nantinya konsumen atau calon konsumen anda dapat dengan mudah mendapatkannya melalui website yang anda miliki.

Karena sesuai namanya yakni website informasi, maka yang anda perlukan untuk membangun website ini adalah informasi informasi yang lengkap mengenai produk atau jasa anda.

Baik itu spesifikasi produk, harga, serta review atau testimoni dari konsumen sebelumnya. Jangan lupa juga tambahkan informasi kontak yang bisa dihubungi oleh konsumen atau calon konsumen anda jika ada hal yang ingin ditanyakan atau ingin membeli atau menggunakan produk atau jasa anda.

Jenis website yang kedua adalah website penjualan. Pada website penjualan ini anda bisa memberikan keleluasan para konsumen atau calon konsumen untuk mengunjungi website anda.

Mereka akan dengan mudah melihat produk yang anda tawarkan, serta dapat pula melakukan pemesanan dan pembayaran secara online atau via bank.

Kemudian barang tersebut dapat anda kirimkan kepada konsumen anda. Transaksi melalui website penjualan ini tentu lebih praktis bagi konsumen anda. Dan memberikan kemudahan juga untuk anda dalam menjual produk.

Melakukan transaksi melalui website penjualan bukan hanya praktis, namun juga hemat karena konsumen tidak perlu repot untuk meninggalkan rumah untuk berbelanja.

Saat ini kita banyak menemukan website penjualan yang menjual beraneka ragam jenis produk.

Website seperti ini dinilai sangat menguntungkan baik pihak konsumen maupun pihak perusahaan. Namun perlu diingat untuk memiliki website penjualan anda membutuhkan ahli yang dapat merancang website tersebut.

Jika anda tidak bisa membuat website sendiri, anda bisa memanfaatkan pihak ketiga seperti digital marketing agency untuk membuatkannya untuk anda.

Email Marketing

Jika pada marketing secara konvensional kita mengenal isitilah membagikan brosur. Pada digital marketing anda bisa memanfaatkan email marketing.

Secara garis besar tujuannya sama, yakni ingin memberikan informasi kepada konsumen atau calon konsumen mengenai produk atau jasa anda.

Baik itu yang isinya informasi promo, diskon, atau event yang akan anda selenggarakan.

Dbandingkan pada marketing secara konvensional, membagikan brosur tentu mengeluarkan biaya besar untuk mencetak brosurnya itu sendiri.

Dengan email marketing anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar, bahkan biayanya sangatlah terjangkau.

Anda bisa mengirim email kepada banyak konsumen dan calon konsumen dalam waktu bersamaan.

Email marketing juga menjadi cara yang sangat efektif untuk dilakukan, mengingat email masih menjadi salah satu platform yang banyak orang gunakan.

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa setidaknya ada 2,8 miliar orang yang menggunakan email sebagai alat untuk berkomunikasi secara digital.

Email ini juga terbilang sangat efektif untuk marketing karena mampu meningkatkan ROI. Karena masih banyaknya pengguna email di dunia, sehngga email masih dianggap sebagai platform pemasran yang paling efektif.

Oleh digital marketing agency di Indonesia, mereka tahu bagaimana cara menerapkan metode ini tanpa menjadi spam yang akhirnya tidak efektif bahkan malah memberikan dampak negatif.

Teknik SEO

SEO atau Search Engine Optimization berfungsi untuk memudahkan calon konsumen dalam pencarian blog atau website dan domain dari produk atau jasa dalam bisnis anda di dunia internet.

Melalui teknik SEO ini, orang akan lebih mudah dan cepat untuk diarahkan ke situs website anda. Selain itu dengan teknik SEO ini juga anda berkesempatan untuk mudah dalam mengembangkan situs website anda.

Pantau dan Evaluasi

Anda perlu melakukan evaluasi terhadap pemasaran digital atau digital marketing ini menggunakan online tools.

Karena dengan online tools ini anda bisa melihat rincian dan pencapaian target secara jelas, jadi anda bisa secara berkala mendapatkan laporan ini.

Gunanya tentu untuk meningkatkan digital marketing yang telah anda lakukan lebih baik lagi, dan sebagai peninjau dalam perencanaan strategi selanjutnya yang akan anda lakukan.

Beberapa hal di atas ini dilakukan oleh digital marketing agency yang ada di Indonesia. Menjadi sebuah solusi bijak bagi anda yang ingin mengembangkan bisnis melalui digital marketing namun kurang memahami atau tidak memiliki waktu untuk melakukannya sendiri.

Anda bisa menggunakan pihak ketiga digital marketing agency agar perkembangan bisnis anda dapat berkembang dengan cepat.

Banyak keuntungan yang akan anda dapatkan jika menggunakan digital marketing agency di Indonesia, seperti di antaranya karena digital marketing agency menerapkan sistem strategi tarik.

Penerapan strategi tarik ini melibatkan konsumen untuk mencari, melihat, dan mengambil informasi secara langsung melalui situs atau mesin pencari.

Konsumen memiliki inisiatif dan berperan aktif dalam mencari informasi yang dibutuhkan, biasanya terletak pada situs atau website, blog, audio, streaming, dan sebagainya.

Kelebihannya anda tidak perlu teknologi canggih untuk mengirimkan konten hanya perlu menyimpan dan menampilkannya. Serta anda tidak memiliki batasan dari segi konten atau ukuran berkas karena ditentukan oleh konsumen.

Selain penerapan strategi tarik, digital marketing agency juga bisa menerapkan strategi dorong. Metode ini memberikan informasi kepada konsumen dengan melihat atau menerima paparan digital secara aktif.

Bentuk informasinya dapat berupa email, panggilan ponsel, SMS, MMS, RSS (Format feed web yang mendistribusikan berita dan informasi), dan sebagainya.

Kelebihannya anda dapat memilih sasaran konsumen secara khusus, serta pesan yang dikirim dapat disesuaikan dengan kriteria konsumen. Bahkan, anda dapat melakukan pelacakan secara rinci tentang pilihan konsumen atau apa yang menjadi topik hangat bagi mereka.

Comments